Awas Diet Ketat Bikin Makin Gemuk! Ini Cara Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Persepsi kebanyakan orang menganggap bahwa pengurangan porsi dan jenis makanan adalah cara diet sehat untuk menurunkan berat badan. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar, lho, Slimfriends karena proses diet tidak hanya berkutat pada porsi dan jenis makanan saja.

Pada dasarnya, dorongan diet berawal dari kesadaran terhadap berat badan yang semakin tidak terkendali. Penyebab kelebihan berat badan adalah tidak sebandingnya antara kalori yang masuk ke dalam tubuh dan yang dikeluarkan. Akibatnya, penumpukan kalori ini berubah menjadi lemak.

Lemak yang berada di dalam tubuh lambat laun menjadikan tubuhmu semakin berat. Bahkan, bentuk tubuhmu pun dapat berubah, terutama area perut yang membuncit serta paha dan lengan yang membesar.

Dorongan diet untuk mendapatkan tubuh ideal yang ada pada dirimu merupakan langkah yang bagus. Meski bersemangat menjalankan diet, kamu tetap harus waspada dan ketahui batas kemampuanmu. Jangan sampai diet yang kamu jalani justru membahayakan kesehatanmu.

Diet Sehat, Bukan Diet Ketat

Perlu digaris bawahi bahwa diet sehat sangatlah jauh berbeda dengan diet ketat. Diet ketat mungkin dinilai cepat untuk menurunkan berat badan, tapi risiko yang menyertainya dapat membahayakan kesehatanmu.

Setiap minggunya, penurunan berat badan yang sehat berada di kisaran setengah hingga satu kilogram, nih, Slimfriends. Diet ketat yang secara cepat menurunkan berat badan berpotensi melipat gandakan berat badanmu pada kemudian hari.

Keinginanmu untuk memperoleh tubuh ideal tidak perlu sampai mengorbankan kesehatanmu. Karena itulah penting bagimu untuk mengetahui berbagai cara diet sehat dengan benar.

Bagaimana Cara Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan?

Menerapkan diet sehat dalam keseharianmu tidak sulit, kok, Slimfriends. Apalagi diet sehat juga dapat menghindarkan dirimu dari risiko terkena penyakit kronis, seperti diabetes. Lantas, bagaimana cara memulainya? Tenang saja karena cara diet sehat menurunkan berat badan berikut ini mudah untuk kamu lakukan.

Hitung Kebutuhan Kalori

Berat badan berkaitan erat dengan penyerapan kalori. Karena itulah penghitungan kebutuhan kalori tubuh penting untuk dilakukan agar tubuhmu tidak kelebihan kalori.

Tubuh yang menyerap kalori dari makanan dan minuman dalam jumlah tepat akan mendapatkan energi yang tepat pula, lho. Dampaknya, fungsi tubuh berjalan normal dan terbebas dari penumpukan karbohidrat yang berubah menjadi lemak.

Pilih Makanan Sehat dan Tepat

Menjalani diet bukan berarti menghindari berbagai jenis makanan karena tubuhmu masih membutuhkan zat lain. Namun, kamu tetap harus memilah makanan yang sehat dan tepat untuk mendukung proses diet sehat.

Porsi ideal yang dapat kamu gunakan adalah menerapkan prinsip gizi seimbang ke dalam piring makanmu. Satu porsi makanmu dalam satu piring dapat kamu bagi menjadi seperempat protein, seperempat karbohidrat, dan sisanya sayuran hijau atau berwarna yang diperkaya vitamin dan mineral.

Prinsip gizi seimbang mudah dilakukan saat waktu makan. Namun, bagaimana jika tiba-tiba kamu lapar sebelum waktu makan? Diet sehat tidak akan menyusahkanmu. Kamu tetap bisa makan camilan sehat, kok.

Camilan sehat dapat kamu peroleh dari buah-buahan, sayuran, atau produk tanpa tambahan garam atau gula. Konsumsi garam dan gula secara berlebihan tidak baik untuk kesehatanmu, lho. 

Biasakan Minum Air Putih

Ganti kebiasaan minum minuman instan berperisa dengan minum air putih. Selain murah, air putih membawa banyak manfaat untuk tubuh.

Kebiasaan minum air putih dalam sehari sedikitnya delapan gelas dapat menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Karena tidak mengandung kalori tambahan, kamu bisa mengonsumsi air putih untuk diet sehat.

Menghindari Karbohidrat Olahan dan Lemak Jenuh

Berat badan ideal dapat kamu capai dengan membatasi bahkan menghindari makan karbohidrat olahan. Makanan karbohidrat olahan, seperti nasi putih, pasta, permen, tepung, dan gula tambahan.

Konsumsi karbohidrat olahan secara terus menerus meningkatkan potensi kerusakan metabolisme tubuh.Karena itulah sebaiknya kamu mengkonsumsi biji-bijian utuh agar berat badanmu turun dan terhindar dari penyakit.

Di sisi lain, mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dapat menambah tingkat kolesterol dalam darah sehingga risiko penyakit jantung semakin meningkat. Artinya, penuhi kebutuhan lemak melalui lemak tak jenuh saja agar aman.

Lemak tak jenuh dapat kamu peroleh dari minyak sayur, alpukat, minyak ikan dan lainnya. Bahkan kamu dapat memperolehnya juga melalui bagian daging yang tidak berlemak.

Olahraga

Sekarang tidak ada lagi alasan untuk menghindari olahraga. Ada berbagai variasi olahraga yang dapat kamu lakukan di rumah. Mulailah rutin olahraga rutin setidaknya 30 menit dalam sehari.

Olahraga tidak harus yang berat-berat, kok. Lakukan olahraga ringan seperti jalan santai, jogging, atau workout. Hal ini efektif untuk membakar kalori yang terlanjur masuk ke tubuhmu.

Proses diet sehat yang sedang kamu jalani akan jauh lebih mudah dan efektif dengan asupan nutrisi yang tepat. Karena kendala utama seseorang untuk melakukan diet sehat adalah sibuk dan sulit menjaga pola makan, kamu butuh produk terbaik untuk memenuhi nutrisi tubuh. Rekomendasi untuk menjaga asupan nutrisi dan olahraga ini dari National Library of Medicine berdasarkan pengalaman pasien, lho. Lembaga ini sangat menganjurkan untuk melakukan diet sehat yang berkualitas untuk menjaga kesehatan dalam jangka panjang.

Agar sukses melakukan diet sehat yang berkualitas, kamu membutuhkan serangkaian produk diet terbaik dan alami yang sudah teruji dari MS SLIM. Sebaiknya, kamu mulai mengkonsumsi MS SLIM Slimming Capsule, MSSLIMMEAL, dan MS SLIM Fiber Drink yang membantu setiap proses diet sehatmu. Jangan lupa untuk melakukan perawatan kulit setelah diet dengan MS SLIM Body Treatment Oil. Keempat produk tersebut akan mempercepat proses diet sehat melalui pemenuhan asupan nutrisi dan perawatan kulit secara alami sehingga tubuh langsing dan indah bisa kamu miliki.

Share post: